Tips Menentukan Kampas Rem Buat Motor Harian Kalian

Memilih kampas rem buat motor kalian adalah hal yg mampu menjadi relatif krusial buat kendaraan kalian. Kenapa? Karena kampas rem merupakan bagian vital pada motor kalian, baik dalam bagian depan ataupun belakang. Cukup poly varian kampas rem depan yg ditawarkan diluar sana, mulai berdasarkan berbahan keramik hingga yang original dengan harga yg terbilang relatif terjangkau kantong.Tips Memilih Kampas Rem Motor Harian

Ada beberapa tips yg bisa gue bagikan untuk kalian semuanya dalam menentukan kampas rem motor harian kalian, diantaranya:Lihat Material Yang Digunakan

Cara menentukan kampas rem yg paling primer & harus kalian lihat adalah material kampas rem yang dipakai. Banyak tersebar diluar sana, kampas rem yg memilih bahan dari keramik ataupun karbon. Salah satu rekomendasi kampas rem yg menggunakan bahan keramik kalian mampu menggunakan merek bendix.

Untuk kalian yang menginginkan performa pengereman yg aporisma pada motor harian kalian, kalian relatif menggunakan yg berbahan keramik. Tetapi, ada pula kampas rem aftermarket yang menjual menggunakan berbahan kevlar. Tergantung kalian, apakah memiliki dana yg cukup buat memilikinya?Hindari Kampas Rem Untuk Balap

Tips selanjutnya pada menentukan kampas rem buat motor kalian adalah menggunakan tidak menggunakan rem buat kebutuhan balap. Memang, apabila kita menggunakan kampas rem ini akan menaikkan performa pengereman dalam motor kalian.

Tapi, kebanyakan kampas rem versi balap membutuhkan suhu yang optimal buat membuat pengereman terbaiknya. Suhu optimal buat kampas rem balap umumnya berkisar diantara 100 hingga dengan 500 derajat celcius.

Bagaimana bila suhu tersebut nir tercapai? Ini akan bikin capek kalian sebagai pengguna rem cakram dalam motor harian. Bukannya membarui kampas ini buat menaikkan performa, malah menurunkan & bisa saja menyebabkan kecelakaan saat melakukan pengereman memakai rem depan kalian.Tingkat Koefisien Gesek Pada Kampas Rem

Tips menentukan kampas rem yg berikutnya adalah menggunakan memperhatikan tingkat koefisien gesek dalam kampas rem. Agar lebih kentara, kalian sanggup lihat standar koefisien gesek berikut ini:E = 0,25 – 0,35F = 0,35 – 0,45G = 0,45 – 0,55H > 0,55

Dari data diatas, jika nomorkoefisien gesek semakin besardalam kampas rem, maka kemampuan pengereman semakin baik. Untuk penggunaan pengereman pada cakram bagian depan umumnya mengusung taraf FG, & dalam motor kompetisi baku koefisien geseknya memakai taraf G.Mengenal Bahan Pembuat Kampas Rem

Pada umunya, buat menciptakan kampas rem sendiri bisa menggunakan beberapa bahan, galat satunya merupakan keramik. Berikut ini bahan penghasil kampas rem yang biasa dipakai:Asbes. Bahan pembuat yang pertama ini terbilang mempunyai ketahanan yang cukup baik, khususnya dalam penggunaan saat temperatur tinggi.Bahan organik. Bahan jenis ini umumnya digunakan digunakan sang mobil menurut pabrik. Daya gesek yang dihasilkan sang bahan ini relatif baik dan juga lebih ramah lingkungan.Semi Metalic. Bahan jenis ini terbilang lebih keras & menciptakan tingkat ketebalan dalam tromol rem atau cakram rem akan berkurang. Untuk dari segi harga yang ditawarkan, bahan ini terbilang lebih mahal dibandingkan bahan organik.Sintered Full Metal. Menggunakan bahan ini, performa motor dalam syarat ekstrem pun tetap terjaga, termasuk dalam waktu basah.Bahan Keramik. Bahan ini terbilang lebih baik daripada semi metalic yg memiliki bunyi relatif kasar. Untuk ketahanan pada suhuh panas, jauh lebih dibandingkan dengan bahan jenis lainnya.Waktu Penggantian Kampas Rem Motor

Setelah kalian mengetahui beberapa cara menentukan kampas rem buat motor kalian, pertanyaan yg akan muncul merupakan kapan ketika yang sempurna buat mengubah kampas rem depan ini? Beberapa pertanda yang biasa ada adalah saat proses pengereman mulai terganggu & timbul bunyi tabrakan antar besi, itulah tandanya kalian wajibmembarui kampas rem dalam motor harian kalian.

Selain itu, terdapat beberapa tanda yang didapatkan yang mengharuskan kalian membarui kampas rem motor. Berikut ini tiga indikasi kampas rem motor wajibsudah diganti buat keamanan dalam berkendara sehari-hari:Muncul Suara Berdecit

Salah satu indikasi kampas rem belakang motor habis adalah keluarnya bunyi berdecit yg terjadi waktu kalian melakukan pengereman. Apa penyebab suara pada waktu pengereman yg dilakukan? Ini menandakan, bahan material kampas rem yang terbuat menurut bahan keramik, karet atau asbes sudah bergesekan menggunakan tromol rem. Untuk bagian depan, berarti bergesekan dengan piringan cakram motor depan.

Apabila saat mengerem & terdengar suara berdecit, usahakan ganti kampas rem motor kalian dengan yg baru supaya lebih aman saat pengereman. Ini akan sangat terasa apabila kalian berkendara saat hujan, umumnya rem akan menjadi sangat licin.Garis Indikator Tidak Terlihat

Tanda kampas rem wajibdiganti berikutnya merupakan kalian tidak bisa lagi melihat garis indikator pada kampas rem. Semua kampas rem yg terdapat dipasaran, niscaya memiliki garis indikator atau indikasi bahwa kampas rem tadi sudah habis. Pastikan kalian melakukan pengecekan terhadap garis indikator ini, apabila telah tidak terlihat atau telah kurang dari dua mm, maka itu merupakan pertanda kamu perlu mengganti kampas rem.Jarak Tempuh Yang Cukup Tinggi

Terakhir, kalian harus membarui ketika jaran tempuh mengendarai kendaraan kalian telah cukup tinggi. Sebenarnya, jika kalian melihat jumlah kilometer dalam indikator motor kalian bukan sebagai acuan yang mutlak. Ada baiknya, kalian melihat indikasi fisik diatas yg gue jelaskan barulah kalian memilih apakah kampas rem perlu diganti atau nir.Rekomendasi Kampas Rem Motor Aftermarket

Setelah mengetahu beberapa saran membarui kampas rem, bahan penghasil kampas rem motor yg tepat buat dipakai sampai kapan ketika yg tepat buat membarui kampas rem motor, berikut adalah beberapa rekomendasi kampas rem motor aftermarket terbaik yang sanggup kalian pakai sehari-hari:Kampas Rem Bendix. Menggunakan bahan pembuat dari ceramic dan memiliki tingkat pengereman 30% lebih baik dibandingkan yg lain, menciptakan Bendix sebagai kampas rem motor terbaik buat ketika ini. Silahkan lihat reviewnya disini.Kampas Rem Daytona. Daytona meracik kampas remnya dengan tambahan lapinus fiber, jadi tidak sepenuhnya berbahan keramik.Kampas Rem TDR. Tidak terbuat menurut asbestos, melainkan terbuat berdasarkan keramik berkualitas tinggi. TDR mengklaim komponen ini tahan panas sampai 550 derajat Celcius & terbukti tidak mengikis permukaan piringan cakram.Kampas Rem Elig. Bahan material terbuat menurut adonan ceramic yg membuat kualitas kampas rem ini cukup baik. Harga kampas rem elig berada jauh diatas brand Bendix.

Semoga hingga disini penerangan yang gue berikan buat kalian bisa dipahami. Jika terdapat kekurangan tentang cara memilih & tips memilih kampas rem, silahkan kalian tuliskan dikolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *